Wednesday, May 25, 2016
Kucing dan Kedudukannya Dalam Islam

Kucing dan Kedudukannya Dalam Islam

Banyak mitos yang bertebaran di setiap kehidupan kucing mulai dari memiliki 9 nyawa hingga sebagai jelmaan dewa. Seperti yang terjadi pada masa dinasti Fir’aun 3000 tahun yang lalu, kucing amat dipuja karena dianggap sebagai titisan dewa, lain pula di Eropa, di dataran ini kucing dianggap sebagai sihir setan atau pembawa bencana. Tak pelak lagi, pada masa abad kegelapan terjadi pemusnahan besar-besaran terhadap hewan lucu ini, hingga menyebar ke Afrika Utara. Padahal, wabah yang oleh masyarakat saat itu dianggap sebagai kutukan adalah jenis penyakit pes yang diakibatkan oleh meledaknya populasi tikus dan penurunan populasi kucing sebagai predator.

Lalu bagaimana Sikap Kita menanggapinya? dan bagaimanakah Kedudukan Kucing Dalam Islam


Didalam perkembangan peradaban islam, kucing hadir sebagai teman sejati dalam setiap nafas dan gerak geliat perkembangan islam. Nabi Muhammad memiliki seekor kucing yang diberi nama "Mueeza". Suatu saat, di kala Nabi hendak mengambil jubahnya, ditemuinya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai diatas jubahnya. Tak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, Nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya. Ketika Nabi kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya. Sebagai balasan, Nabi menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan mungil kucing itu sebanyak 3 kali.

Penghormatan Para Tokoh Islam Terhadap Kucing

Dalam aktivitas lain, setiap kali Nabi menerima tamu di rumahnya, nabi selalu menggendong mueeza dan di taruh dipahanya. Salah satu sifat Mueeza yang Nabi sukai ialah ia selalu mengeong ketika mendengar adzan, dan seolah-olah suaranya terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan.

Kepada para sahabatnya, Nabi berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan, layaknya menyanyangi keluarga sendiri.
Hukuman bagi mereka yang menyakiti hewan lucu ini sangatlah serius, dalam sebuah hadist shahih Al Bukhari, dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya, dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri, Nabi Muhammad SAW pun menjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.

Dari Ibnu Umar RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai” (HR. Bukhari).

Tak hanya nabi, istri nabi sendiri, Aisyah binti Abu Bakar pun amat menyukai kucing, dan merasa amat kehilangan dikala ditinggal pergi oleh si kucing. Seorang sahabat yang juga ahli hadist, Abdurrahman bin Sakhr Al Azdi diberi julukan Abu Hurairah (bapak para kucing jantan), karena kegemarannya dalam merawat dan memelihara berbagai kucing jantan dirumahnya.

Pada abad ke-13, sebagai manifestasi penghargaan masyarakat Islam, rupa kucing dijadikan sebagai ukiran cincin para Khalifah, termasuk porselen, patung hingga mata uang. Bahkan di dunia sastra, para penyair tak ragu untuk membuat syair bagi kucing peliharaannya yang telah berjasa melindungi buku-buku mereka dari gigitan tikus dan serangga lainnya.

Dalam buku yang berjudul Cats of Cairo, pada masa dinasti Mamluk, Baybars Al Zahir, seorang Sultan yang juga pahlawan garis depan dalam Perang Salib sengaja membangun taman-taman khusus bagi kucing dan menyediakan berbagai jenis makanan di dalamnya, Tradisi ini telah menjadi adat istiadat di berbagai kota-kota besar negara Islam.

Hingga saat ini, mulai dari Damaskus, Istanbul, hingga Kairo, masih bisa kita jumpai kucing-kucing yang berkeliaran di pojok-pojok masjid tua dengan berbagai macam makanan yang disediakan oleh penduduk setempat.

Keistimewaan Kucing


Nabi menekankan di beberapa hadits bahwa kucing itu tidak najis. Bahkan diperbolehkan untuk berwudhu menggunakan air bekas minum kucing karena dianggap suci.
Kenapa Rasulullah SAW berani mengatakan bahwa kucing suci, tidak najis? Lalu, bagaimana Nabi mengetahui kalau pada badan kucing tidak terdapat najis?

#Sacrosaint87
Baca Juga di Kumpulan Puisi Sepi, Puisi Rindu, Puisi Cinta dan Puisi Belum di Kategorikan ©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank
Read More...
Friday, May 6, 2016
Beberapa Doa Khusus di Bulan Ramadhan

Beberapa Doa Khusus di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi umat Islam adalah bulan yang sangat mulia. Karenanya pada bulan ini pula, umat Islam memiliki doa-doa khusus yang tidak seperti bulan lain, dimana doa-doa ini dapat menambah pahala dan kesempurnaan ibadah puasa seorang umat muslim. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tiga orang yang tidak tetolak doanya: Orang yang sedang berpuasa ketika berbuka, imam yang adil dan doa orang yang terzhalimi.” (HR: At-Tirmidzi 2528).
1. Doa Melihat Hilal (Bulan Sabit) :
– اللَّهُ أَكْبَرُ ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ وَالتَّوْفِيقِ لِمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى ، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ
“Allah Maha Besar. Ya Allah, munculkanlah hilal itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, membawa taufiq kepada apa yang Engkau ridhai, Rabb kami dan Rabb kamu adalah Allah.” (HR: At-Tirmidzi dan Ad-Darimi).



2. Istighfar dan Doa di Waktu Sahur :
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran:17). “Dan di waktu-waktu sahur (akhir malam) mereka memohon am-pun (kepada Allah).” (QS. Adz-Dzariyat:18).

Apabila Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam mendapati waktu sahur beliau membaca doa:

– سَمِعَ سَامِعٌ بِحَمْدِ اللَّهِ وَحُسْنِ بَلَائِهِ عَلَيْنَا رَبَّنَا صَاحِبْنَا وَأَفْضِلْ عَلَيْنَا عَائِذًا بِاللَّهِ مِنْ النَّارِ
“Semoga ada yang memperdengarkan pujian kami kepada Allah atas nikmat dan cobaan-Nya yang baik bagi kami. Wahai Rabb kami, dampingilah kami (peliharalah kami) dan berilah karunia kepada kami dengan berlindung kepada Allah dari api Naar.” (HR: Muslim 2718 dari hadits Abu Hurairah).



3. Doa Tamu Kepada Orang Yang Menghidangkan Makanan / Minuman :
– اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ.
“Ya Allah! Berilah berkah apa yang Engkau rezekikan kepada mereka, ampunilah dan belas kasihanilah mereka.” (HR: Muslim).

– اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ.
“Ya Allah! Berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku.” (HR: Muslim).



4. Doa Apabila Berbuka Di Rumah Orang :
– أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ.
“Semoga orang-orang yang berpuasa berbuka di sisimu dan orang-orang yang baik makan makananmu, serta malaikat mendoakannya, agar kamu mendapat rahmat.” (HR: Sunan Abu Dawud 3/367, Ibnu Majah 1/556 dan An-Nasa’i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 296-298. Dishahihkan oleh Al-Albani).



5. Doa Orang Yang Berpuasa Apabila Diajak Makan :
– إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ فَلْيُجِبْ، فَإِنْ كَانَ صَائِمًا فَلْيُصَلِّ وَإِنْ كَانَ مُفْطِرًا فَلْيَطْعَمْ.
“Apabila seseorang di antara kamu diundang (makan) hendaklah dipenuhi. Apabila puasa, hendaklah mendoakan (kepada orang yang mengundang). Apabila tidak puasa, hendaklah makan.” (HR. Muslim 2/1054).



6. Ucapan Orang Yang Berpuasa Bila Dicaci Maki :
– إِنِّيْ صَائِمٌ، إِنِّيْ صَائِمٌ.
“Sesungguhnya aku sedang berpuasa. Sesungguhnya aku sedang berpuasa.” (HR. Al-Bukhari dengan Fathul Bari 4/103, Muslim 2/806).



7. Doa Yang Dibaca Pada Malam Lailatul Qadar :
Diriwayatkan bahwa ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang sebaiknya aku baca bila bertepatan dengan malam itu?” Rasulullah bersabda: “Bacalah:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku.” (HR: At-Tirmidzi 3760, Ibnu Majah 3850, Ahmad VI/171, Al-Hakim I/530 dan An-Nasa’i dalam Amalul Yaum wal Lailah, silahkan lihat Shahih Jami’ At-Tirmidzi).

#Sacrosaint87 Baca Juga di Kumpulan Puisi Sepi, Puisi Rindu, Puisi Cinta dan Puisi Belum di Kategorikan ©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank
Read More...
Beberapa Bisnis Menjanjikan Selama Bulan Ramadhan

Beberapa Bisnis Menjanjikan Selama Bulan Ramadhan

Dibulan Ramadhan adalah momen untuk yang cukup baik jika dimanfaatkan, disamping menimba Amal selama Bulan ini, Menimba Pundi-pundi Rezeki pun dapat anda lakukan, berikut adalah beberapa peluang bisnis yang menjanjikan selama bulan ramadhan.

1. Jualan Takjil Untuk Hidangan Berbuka Puasa Menjediakan takjil atau makanan dan minuman yang menjadi menu berbuka puasa telah menjadi kebiasaan tersendiri di masyarakat, bukan hanya di Indonesia namun hal yang sama dilakukan juga oleh Negara-negara islam di seluruh dunia. Jenis makanan dan minuman takjil yang disajikan beragam jenis, rasa, bentuk dan warna. Mulai dari kue dan minumen yang manis sampai yang berasa hambar, bentuk kecil hingga besar, juga beragam warna yang cukup menggiurkan. Untuk membuka usaha takjil ini tidak perlu banyak modal, yaitu cukup dengan modal Rp. 600 ribu saja, dengan modal segitu anda sudah bisa menjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa.
2. Bisnis Perlengkapan Ibadah dan Busana Muslim Bulan Ramadhan biasanya orang-orang suka membeli perlengkapan ibadah dan busana muslim, baik untuk kebutuhan beribadah selama bulan puasa atau yang hanya dipakai pada saat lebaran nanti. Perlengkapan ibadah yang dimaksud yaitu songkok, mukena, baju koko, sarung, sajadah, Al-Quran dan aksesoris beribadah lainnya.

Kebiasaan membeli perlengkapan dan busana muslim ini tak lepas dari trend atau mode yang sedang populer sekarang. Jika anda ingin memulai bisnis ini, mulailah dengan modal yang anda sanggupi dengan perlengkapan ibadah atau bisana muslin yang ingin dijual.


3. Menjual Kue dan Parcel Lebaran Biasanya keluarga yang penuh aktifitas di bulan puasa, tidak ingin repot-repot membuat kue lebaran atau parcel lebaran sendiri di rumah. Artinya, mereka cenderung untuk membeli kue dan percel lebaran dari toko atau orang lain. Kue lebaran sudah menjadi menu yang wajib ada di setiap rumah ketika lebaran tiba. Kue dan parcel lebaran ini ada bermacam-macam, mulai dari yang basah sampai yang kering, dengan berbagai macam model dan warna pula.

4. Bisnis Kaligrafi Di antara daftar bisnis yang cocok dilakukan pada bulan Ramadhan, mungkin bisnis kaligrafi ini yang hanya bisa dijalankan oleh segelintir orang, karena bisnis ini hanya bisa dilakukan oleh seniman yang mengerti kaligrafi saja. Kita tahu bahwa bulan Ramadhan itu kental dengan ibadah, sebagian rumah dirias agar nampak suasa ibadah, yaitu dengan mengganti atau menambah kaligrafi.

5. Jasa Asisten Rumah Tangga dan Seccurity Ketika menjelang bualn Ramadhan, banyak asisten dan seccurity rumah tangga yang mudik bertemu keluarganya di kampung. Hal ini membuat Ibu rumah tangga menjadi kerepotan dalam mengurus rumah tangga, terlebih jika Ibu tersebut mempunyai anak balita, dan punya kesibukan lain di luar rumah. Tentu dalam kondisi seperti ini, jasa asisten rumah tangga dan security sangat diperlukan selama bulan suci Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri nanti.

6. Bisnis Peralatan, Perabotan dan Perlengkapan Rumah TanggaSaat bulan puasa, masyarakat cenderung mengganti peralatan, perabotan dan perlengkapan rumah tangga. Peralatan, perabotan dan perlengkapan yang dimaksud berupa alat dapur, kursi rumah (baik kursi ruang depan, ruang tamu dan kursi makan), guci, gorden pintu dan jendela, tempat kue (ganggang dan toples kue), dan peralatan, perabotan serta perlengkapan rumah tangga lainnya. Biasanya permintaan dari bisnis ini yaitu menjelang hari Raya Idul Fitri.

7. Jasa katering untuk sahur. Beberapa penghuni kost atau apartemen di kota besar seringkali kesulitan untuk mendapatkan santapan sahur mereka. Kendala itu antara lain karena tidak banyak warung atau rumah makan yang buka di waktu sahur, jika pun buka harus antre, malas keluar kamar hingga jauhnya lokasi warung. Karena itu, mereka akan sangat terbantu ketika sahur tiba, ada seseorang yang mengantarkan sekaligus membangunkannya.

8. Baju anak. Ingat, membelikan baju baru untuk anak seperti sudah menjadi kewajiban bagi orang tua di Indonesia untuk merayakan Lebaran. Pilih motif atau model yang sedang tren. Tawarkan harga diskon agar calon konsumen Anda tertarik.

9. Kurma. Konsumsi buah ini meningkat selama bulan puasa. Baik untuk dimakan sendiri, maupun disumbangkan untuk makanan takjil di tempat ibadah.

Untuk mempermudah agar bisnis kue lebaran anda lebih mudah dikenali oleh kerabat jauh, tetangga dan pelanggan baru lainnya, lakukan promosi melalui media online, yaitu facebok, twitter, bbm, instagram, path dan lain sebagainya. Demikianlah beberapa bisnis yang cukup menjanjikan selama bulan ramadhan
Read More...
Thursday, June 19, 2014
Gemerlap Festik 2014 Membangun Manado

Gemerlap Festik 2014 Membangun Manado

Dan kini Manado, orang bilang kota kedua dengan pesona laut yang menawan, siapalah yang tidak kenal Bunaken dengan wisata bawah laut yang menawan. Manado merupakan tempat tujuan kami para RelawanTIK Indonesia untuk melaksanakan Rakernas, tepatnya di Hotel Lion and Plaza Manado. Merogoh kocek sekitar 650rb sampailah saya di kota Nona yang terkenal dengan 3B ini, pertama Bubur Manado atau dengan nama lokal "Tinutuan", berikut Penampakannya
RelawanTIK Membangun Manado
Bubur Manado yang merupakan makanan khas penduduk kota nona ini sangat lezat di tambah rempah-rempah yang cukup pedas (sesuai dengan kegemaran saya tentunya) tinutuan ini merupakan salah satu daftar yang saya tambahkan dalam menu favorit saya. B kedua yakni Bunaken, hoohhhhoh siapa yang tak kenal bunaken (nenek sy ndak kenal deh kyknya) terkenal dengan wisata bawah laut yang menawan, sangat menarik lo buat dikunjungi. dan B ketiga adalah *jreng *jreng Bibir Manado,hehehhe jangan salah sangka dlu pemirsa, bibir manado ini maksudnya adalah paras-paras cantik wanita disini, pelancong-pelancong mungkin akan terkesima dengan perawakan wanita-wanita manado yang sangat cantik dan manis, ya cari 1-2 lah dengan Bandung.
RelawanTIK Membangun Manado
Nah setelah membaca sepenggal kisah (ini bukan Dongeng loh...) kita lanjut ke cerita kami di RelawanTIK :D, Manado terpilih sebagai daerah penyelenggaraan Festifal TIK 2014 dimana festik ini adalah rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja Nasional RelawanTIK Indonesia. Rakernas ini berlangsung dari tanggal 1-2 Juni dan dilanjutkan dengan Festival TIK tanggal 3-4.Sebelum berlanjut ke prosesi kegiatan yang berlangsung disana, kita tengok dulu siapa-siapa saja yang hadir disana (ya meski nga semua bisa ter post sih, maaf ya yg nga sempat terjepret )
Pertama-tama inilah ketua kami.
RelawanTIK Membangun Manado
Akrab disapa mas indri, pokoknya gokil deh, kcuali klo lg ngambek kwkwkwkwk tp ttp berwibawa, salut sama beliau, bisa merangkul semua Anggota RelawanTIK Indonesia (y)
Kedua, ketiga ama ke empat gw gabungin ya :D ibunda dan ayahanda kita di RTIK
RelawanTIK Membangun Manado
Dari kiri ke kanan Pak Bambang, Ibu Septriana Tangkary dan Terakhir yg ngangkat jempol Ibu Mariam Barata, mereka bertiga adalah ayahanda dan ibunda Relawan TIK Indonesia ;)
Bukan cuma itu lo ada juga nih warga-warga RTIK Indonesia
RelawanTIK Membangun Manado
Its us...:D

RelawanTIK Membangun Manado
Ni adalah Om Eri, selalu eksis dan selalu bisa menempatkan diri membantu dalam tiap kegiatan, salut dengan kerja beliau, disampingnya adalah Aini, dia selalu hadir saat festik, dengan wajah imutnya sambil promo Qwords.com.
RelawanTIK Membangun Manado
Nah si gokil mas Karel neh dari BLOGdetik selalu muncul dengan gaya yang khas n ga disangka2, paling suka nodong n super gokil lah.... selalu ada senyum yg ngikut di belakang kehadiran nya di Acara FESTIK, ga percaya? ni gw kasi foto nya lagi.
RelawanTIK Membangun Manado
RelawanTIK Membangun Manado
Oh ia ampe lupa, nih artis yang juga nongol pas di Festik 2014 Hotel Lion and Plaza Manado, Sulawesi Utara, Mongol yang ngetren dan dikenal di standup comedi Indonesia, mongol cukup menarik perhatian pengunjung untuk berbetah-betahan di lokasi kegiatan, show yang gokil dan menghibur adalah seni tersendiri yang dihadirkan panitia lokal dalam Festik 2014.
RelawanTIK Membangun Manado

Tak lupa pula gw kenalin Om Yamin dari Nawala,

Nah abis perkenalan singkat ini, sampailah kita pada pembahasan utama (resmi amat yak :p ), gw mulai dari peserta deh, sampai di Lion Hotel and Plaza, gw kaget dengan membludaknya peserta Festik 2014 ini, konon kabarnya ada sekitar 8.000 orang peserta :-O buset, ini rekor baru dalam pelaksanaan Festik, peserta ini sampai ada yang pulang karena tidak dapat ditampung dalam lokasi kegiatan, peserta yang datang diberikan waktu untuk memilih lokasi dan tempat workshop, dimana ada sekitar 20an lebih Workshop, diantaranya workshop Blogging, Workshop dari Mozilla, Workshop Membangun Selular Sendiri yang di bawakan oleh Mas Onno W Purbo, siapa dia? dia adalah tokoh IT Indonesia, sebelum FESTIK 2014 pun tepatnya tanggal 31 Mei Mas Onno W Purbo jg membawakan Seminar Galow-IT, info lebih lanjut masuk ke sini aja www.galow-it.com . ni deh gw kasi liat foto nya :D.
RelawanTIK Membangun Manado

Apa seh tugas kami di RTIK Indonesia? dah pada tau ngak? mungkin sebagian besar orang belum tau tentang tugas yang kami emban, namun sesuai dengan visi misi kami yaitu membangun masyarakat IT, kami berusaha membuat semua orang mengenal IT dan mengawasi setiap kegiatannya. Kami memiliki peran sebagai penyambung kerja dari Kominfo untuk membantu menjalankan dan mengawasi setiap kegiatan-kegiatan serta mendidik warga negara Indonesia menjadi lebih baik dalam pemanfaatan Teknologi Informasi. Oh ia di Sulut-Manado ada terobosan baru lo, disana diresmikan Bus Dengan Wifi dan Angkot dengan fasilitas wifi, ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar dapat mengakses berita dan kontent yang ada di internet dimana saja :D

Dalam perkembangannya RTIK tentu saja memiliki hambatan-hambatan, banyak hal yang menjadi hambatan saat ini, diantaranya penggunaan sosmed yang melampaui batas, penculikan dan kekerasan seksual yang bermula dari sosial media dan banyak kasus lain yang dipengaruhi oleh penggunaan teknologi. Hal ini memanggil nurani putra-putri RTIK Indonesia untuk membantu mengataasinya, diantaranya dengan berbagai seminar yang berisi himbauan dan pemjelasan dampak dari IT dan hal lainnya, di Manado kami relawan TIK membantu memasyarakatkan dan mengoptimalkan penggunaan IT dan membantu menjaga para pengguna-pengguna IT (user) agar tidak terjadi hal-hal diluar batas seperti penculikan dan lain hal, dengan adanya Mobil Angkutan dengan Wifi ini, diharapkan agar pengaplikasian dan penyebarluasan informasi dari internet dapat di akses oleh setiap lapisan masyarakat Manado.
RelawanTIK Membangun Manado
Read More...
Saturday, April 12, 2014
Karena Maya | Kumpulan puisi

Karena Maya | Kumpulan puisi

Kumpulan Puisi

Karena Maya



Hari ini dimulai lagi
sekelumit kisah kita
dalam ke semrawutannya
Karena dunia maya
ya.... selalu karena dia

Karena Maya | Kumpulan puisi

aku selalu saja salah
meski kebenaran telah ku ungkap
dilema yang merebak
menebal hingga menghimpit jejakku
dan lagi, selalu karena dia

Luka ini belum kering
lalu dihujam timah panas
mengelupas, melepuh, terbakar sampai keputihnya
menyisakan dosa tak terampuni
lagi dan lagi, selalu karena dia

angan ku tersungkur
tak mampu lagi memijakkan kakinya
tenggelam, merasa tak sanggup ke tepian
dia dia dan dia.... ya selalu
Karena Maya yang serba salah
 


Ini Mungkin Akhir, ataukan sebuah permulaan entahlah aku masih saja menerawang kepastiannya
Namun aku masih "Yakin" akan bahwa akan ada cahaya setelah badai

#Sacrosaint87  
 Baca Juga di Kumpulan Puisi Sepi, Puisi Rindu, Puisi Cinta dan Puisi Belum di Kategorikan  
©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank
Read More...
Saturday, November 2, 2013
Pemurtadan Kaum Muslimah

Pemurtadan Kaum Muslimah

Pemurtadan Kaum Muslimah - Berbagai cara orang Kristen tempuh untuk memurtadkan kaum Muslimin salah satu di antaranya adalah melalui jalur pernikahan, pemerkosaan muslimah lalu kemudian dinikahi seperti beberapa kasus di Jakarta Timur, seorang Muslimah bernama FT (inisial) diperdaya tipuan JM (inisial), seorang penganut agama kristen yang dengan berpura-pura masuk Agama Islam untuk menikahinya, Setelah sekian lama menikah dan mempunyai dua orang anak, JM kemudian mulai menampakkan sisi kekristenannya dan memaksa FT untuk pindah agama ke agama kristen. Alhasil Setelah penyelidikan, terbongkarlah rahasia dari JM dengan ditemukan ijazah STT Nehemia milik JM. Kisah lain yakni dialami oleh Sdr(i) Ky alias wawah, seorang siswi MAN Padang, dia diculik kemudian dijebak, dia diberi minuman dengan campuran obat perangsang lalu kemudian diperkosa oleh aktivis kristen lalu kemudian dia di baptis dan dikristenkan.

Modus kasus seperti ini sudah banyak dan semakin bertambah, trik dan teknik umat yang di kristenisasi terus diolah untuk memperdaya kaum muslimah yang semakin terjerat globalisasi, sehingga dengan gampang dimanfaatkan ketidakberdayaannya.

Pemurtadan Kaum Muslimah

Secara umum dalam Agama Islam Seorang wanita dilarang menikah dengan lelaki kafir (bukan beragama Islam) hal ini tersurat dalam Firman-Nya :
<QS. Al Baqarah 2:221

"Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran." (QS. Al Baqarah 2:221)
Dalam penjelasan di atas diterangkan bahwa seorang lelaki dilarang untuk menikah atau mendekati seorang wanita musyrik, begitupun sebaliknya bahwa seorang wanita muslimah dilarang keras menikah dengan lelaki Kafir, Seorang Muslim/Muslimah sangat dianjurkan untuk menikah dengan lelaki/perempuan Muslimah pula.

Dalam Sabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam yaitu :

"Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sabur Ar Raqqi berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul Hamid bin Sulaiman Al Anshari -saudara Fulaih- dari Muhammad bin 'Ajlan dari Ibnu Watsimah An Nashri dari Abu Hurairah ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila datang kepada kalian orang yang kalian ridlai ahlak dan agamanya, maka nikahkanlah (dengan anakmu). Jika tidak kalian lakukan, maka akan terjadi fitnah dan kerusakan yang banyak di muka bumi." (HR. Ibnu Majah 1957)

Beberapa kasus lain seperti yang terjadi di Bekasi-Jawa Barat, modus yang digunakan adalah pemerkosaan yang lebih jahat lagi. Salah seorang pemuda Kristen yang berpura-pura masuk ke Agama Islam lalu kemudian menikah dengan seorang gadis Muslimah yang salehah, saat malam pertama Setelah menikah ketika pasangan ini mengadakan hubungan suami istri, adegan-adegan ranjangnya di foto oleh teman pemuda kristen ini, hal ini ternyata sudah direncanakan kemudian dicetak dan diperlihatkan kepada istrinya (sang perempuan Muslimah tersebut) lalu sang muslimah disodorkan pada dua pilihan berat yaitu, “Dia Tetap pada Agama Islam atau harus pindah ke Agama kristen?” jika dia tidak pindah ke Agama kristen, maka foto-foto hubungan suami istri dan telanjang sang Muslimah tersebut akan disebarluaskan, dalam kondisi yang terpuruk dan mental dan iman yang kurang, dengan keterpaksaan sang istri/sang muslimah bersedia dibaptis untuk menghindari Aib.

Berbagai strategi bermunculan agar seorang muslim/muslimah murtad dari agama Islam, Muslimah dibujuk dengan segala tipu daya dengan dilatar belakangi oleh rencana yang sangat keji, berfikir secara logis sebelum bertindak karena kita para muslim dan muslimah bisa saja terperdaya oleh bujuk rayu syaitan dalam bentuk manusia sehingga kita dibujuk untuk murtad (lari dari Agama Islam), Sebagai catatan kecil untuk kaum muslimah bahwa hindarilah untuk berhubungan asmara dengan pria/wanita non muslim karena mempunyai efek di kemudian hari, entah itu kita di ajak masuk agama lain ataupun berujung pada perceraian, oleh karena itu berhati-hatilah kaum muslimah dalam memilih pasangan hidup, karena pernikahan berbeda agama itu Haram Hukumnya dan tidak sah dalam pandangan Islam apapun Alasannya. Gerakan ini sebenarnya telah lama terjadi, namun kali ini gerakan itu sudah semakin meresahkan masyarakat, disamping efek globalisasi yang kian menjangkiti muslim/muslimah di Indonesia.

<QS. An Nur 24:26

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)." (QS. An Nur 24:26)

Demikian Artikel tentang Pemurtadan Kaum muslimah, semoga artikel ini bermanfaat untuk dibaca dan dipilah-pilah makna didalamnya serta menjadi acuan dalam bertindak dan berprilaku, mohon maaf jika ada kata yang salah, semua kebenaran datangnya dari Allah SWT, semua kekurangan datangnya dari penulis, Wallahu Alam

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank
Read More...
Thursday, October 24, 2013
Kicau Yang Mungkin tak kudengar Lagi | Kumpulan puisi Rindu

Kicau Yang Mungkin tak kudengar Lagi | Kumpulan puisi Rindu

Kumpulan Puisi Rindu

Kicau  yang Mungkin Tak Kudengar Lagi


Pagi itu Kemilau cahaya tak nampak terang
Kicau Yang Mungkin tak kudengar Lagi | Kumpulan puisi Rindu
Seakan enggan tuk bersua denganku
Seketika gemuruh menghadang
Apakah gerangan yang terjadi

Kicau itu....
Kicau yang selalu hadir di detik-detik pagiku
Lenyap tak nampak sedikitpun
Tanyapun hinggap menerawang
Apakah gerangan yang terjadi

Hampa ini...
Seakan tiada asa lagi yang tersisa
Mungkin kicauan itu enggan lagi bersua
Ataukah hanya harapan sia-sia yang kuharap
Agar kicauan itu tetap kunikmati

Aku rindu kicauan itu, mungkin kicauan itu tak akan lagi datang
ataukan kicauan itu sudah punya tempat lain di ufuk sana

#Sacrosaint87

Baca Juga di Kumpulan Puisi Sepi, Puisi Rindu, Puisi Cinta dan Puisi Belum di Kategorikan  
©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank
Read More...
Thursday, September 26, 2013
Hikmah dan keajaiban Wudhu

Hikmah dan keajaiban Wudhu

Hikmah dan Keajaiban Wudhu - Wudhu dalam bahasa Arab (الوضوء‎) al-wuḍū yang berarti Bersih atau indah, dan secara istilah wudhu yaitu perbuatan atau kegiatan membasuh sebagian anggota tubuh yang termasuk dalam anggota tubuh yang termasuk bagian yang diwajibkan untuk dibasuh dengan menggunakan air bersih (Suci). Wudhu biasanya dilaksanakan ketika hendak melaksanakan shalat dan membaca Al Quran. Seseorang muslim dituntut agar hendak dalam keadaan bersih/suci sebelum membaca kitab suci Al Quran. Wudhu adalah salah satu elemen penting dalam shalat, ini dikarenakan kita wajib dalam keadaan suci sebelum berhadapan dengan Allah SWT.

Dalam perjalanan waktu, satu persatu hikmah dari kita berwudhu bermunculan, ada yang menyangkutkannya dengan kesehatan jasmani ataupun kesehatan rohani, para ahli kesehatan meneliti khasiat dari wudhu dan meranik kesimpulan bahwa wudhu adalah Kegiatan yang dipercaya mampu merangsang sel-sel pusat syaraf yang berada dalam tubuh manusia, Karena didalam wudhu keselarasan air dan titik-titik syaraf penting pada tubuh menjadi rileks, dan senantiasa menjadi sehat atau dapat membantu menyehatkan tubuh. Ilmuan ini (Baron Omar Rolf) yang meneliti tentang khasiat wudhu memeluk agama Islam setelah penelitian ini.

Hikmah dan keajaiban Wudhu

Hikmah Wudhu

Adapun Hikmah dan Keajaiban Wudhu adalah :
1. Membersihkan dan Menyegarkan tubuh
Aktifitas Wudhu dilaksanakan tidak semata-mata membasuh anggota tubuh dan untuk menyegarkannya, namun wudhu adalah salah satu kewajiban yang dilaksanakan ketika ingin melaksanakan ibadah (Shalat) bagi kaum muslim, secara logika membasuh air pada bagian anggota tubuh akan membuat tubuh kita menjadi segar, namun hikmah tersebdiri dari kesegaran itu adalah kebersihan dari anggota tubuh yang dibasuh.

Allah SWT Berfirman dalam surahnya :
QS. Al-Maidah 5:6

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al-Maidah 5:6)

Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan adalah pangkal dar kesehatan dan kebersihan juga sebagian dari iman sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Allah SWT memberi kita kewajiban untuk berwudhu minimal 5 kali sehari sebelum shalat agar kesehatan kita tetap terjaga.

2. Menjernihkan pikiran dan akal
Salah satu Hikmah dan keajaiban Wudhu yakni dapat menyehatkan akal dan pikiran, mengapa demikian? hawa panas dari terik matahari ataupun suasana hati/pkiran dapat diredam dengan berwudhu, suhu dingin dari air membuat kita segar dan dapat membantu syaraf kita menjadi rileks, efek dari rileks inilah yang dapat membantu kita berpikiran lebih jernih ketika setelah berwudhu.

Akal merupakan suatu alat untuk mengukur baik buruknya sesuatu, mengontrol bagian tubuh yang lain dan berbagai perihal yang berhubungan dengan akal/pekerjaan otak. Pikiran dan akal manusia adalah ujung tombak dari sebuah tindakan yang pada akhirnya berujung pada tindakan yang dinilai baik dan buruk oleh orang lain.

3. Memelihara Akhlak
Dengan jernihnya akal dan pikiran kita maka perilaku atau perbuatan kita akan terkontrol, perilaku dan aktifitas yang terkontrol baik oleh akal akan membuat seseorang melakukan hal-hal positif yang tentunya berakhlak, tipe-tipe seseorang yang berakhlak pun adalah seseorang yang mampu menjaga perilakunya agar tidak dikendalikan oleh hawa nafsu yang akan menjeratnya kepada kemungkaran.

4. Menjaga bagian-bagian penting tubuh
Hikmah dan keajaiban wudhu di atas belum menjelaskan bagian-bagian yang menerima manfaat langsung dari wudhu, dantaranya yaitu :
- Kesehatan Pikiran (Kepala)
- Mencerahkan wajah (Muka/wajah)
- Membersihkan Kuku dan kesehatan tangan (tangan dan pergelangan)
- Membersihkan dan menjaga udara (Hidung)
- Menjaga kebersihan Kaki (Kaki)

5. Menggugurkan Dosa yang ada pada bagian-bagian tubuh
Wudhu adalah langkah awal untuk menggugurkan dosa pada bagian-bagian tubuh kita, Dikarenakan bagian-bagian tubuh ketika berwudhu ada doa tersendiri (dapat anda baca disini : Doa Doa Sebelum saat dan sesudah Wudhu) dan di dalam doa tersebut kita meminta agar di gugurkan dosa-dosa pada bagian tubuh yang akan kita basuh jadi otomatis kita meminta kebaikan agar dosa-dosa yang melekat pada bagian tubuh kita dikurangi.

Beberapa Hadist lain Tentang Wudhu yaitu :

"Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Nashr telah menceritakan kepada kami Abu Usamah dari Abu Hayyan dari Abu Zur'ah dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berkata, kepada Bilal radliallahu 'anhu ketika shalat Fajar (Shubuh): "Wahai Bilal, ceritakan kepadaku amal yang paling utama yang sudah kamu amalkan dalam Islam, sebab aku mendengar di hadapanku suara sandalmu dalam surga". Bilal berkata; "Tidak ada amal yang utama yang aku sudah amalkan kecuali bahwa jika aku bersuci (berwudhu') pada suatu kesempatan malam ataupun siang melainkan aku selalu shalat dengan wudhu' tersebut disamping shalat wajib". Berkata, (Abu 'Abdullah): Istilah "Daffa na'laika maksudnya gerakan sandal" (HR. BUKHARI No.1081)

"Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dari Hammam bin Munabbih dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah tidak akan menerima shalat salah seorang dari kalian apabila dia berhadats hingga dia berwudhu terlebih dahulu." (HR. ABUDAUD No.55)

"Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Auf Ath Thai, telah menceritakan kepada kami Ar Rabi' bin Rauh bin Khulaid, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Khalid, telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Dalham Al Wasithi, dari Tsabit Al Bunani dari Anas bin Malik ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa yang berwudhu kemudian memperbaiki wudhunya dan menjenguk saudaranya yang muslim dengan mengharapkan pahala maka ia akan dijauhkan dari Jahannam sejauh perjalanan tujuh puluh kharif." Aku katakan; wahai Abu Hamzah, apakah kharif itu? Ia berkata; tahun. Abu Daud berkata; yang hanya diriwayatkan oleh orang-orang Bashrah adalah kata; menjenguk dalam keadaan berwudhu" (HR. ABUDAUD No. 2693)

"Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abi Syaibah telah menceritakan kepada kami Waki' dan Abu Muawiyah serta Husyaim dari al-A'masy dari Mundzir bin Ya'la, dan dia diberi gelar Abu Ya'la dari Ibnu al-Hanafiyyah dari Ali dia berkata, "Aku adalah lelaki yang sering keluar madzi, tetapi aku malu untuk bertanya Nabi Shallallahu'alaihiwasallam karena puteri beliau adalah istriku sendiri. Maka kusuruh al-Miqdad bin al-Aswad supaya bertanya beliau, lalu beliau bersabda, "Hendaklah dia membasuh kemaluannya dan berwudhu." (HR. MUSLIM - 456)

Demikian artikel tentang Hikmah dan keajaiban Wudhu, semoga artikel di atas bermanfaat untuk kita semua.

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank
Read More...
Tuesday, September 17, 2013
Hukum Menikah Dalam Islam

Hukum Menikah Dalam Islam

Hukum Menikah Dalam Islam - Penikahan/perkawinan dalam Islam berarti Bercampur atau berkumpul, dalam istilah Islam pernikahan berarti akad yang menghalalkan hubungan/persetubuhan antara wanita dan pria. Secara hukum Islam Pernikahan dibagi dalam beberapa bagian, yakni Wajib, Sunnah, Makruh dan Haram, perihal ini akan dibahas dibawah ini.

Pernikahan dalam Islam digolongkan dalam aktifitas penyempurnaan iman seorang manusia, secara hukum sebuah pernikahan bergantung pada kondisi seseorang dia bisa menjadi wajib, bisa pula menjadi sunnah, makruh dan bahkan haram tergantung pada situasi dan kondisi seseorang yang dimaksud. Menghalalkan hubungan seorang pria dan wanita dalam sebuah ikatan itulah yang disebut dengan pernikahan.
Hukum Menikah Dalam Islam

Hukum Menikah Dalam Islam

Adapun Hukum Menikah dalam Islam yaitu

1. Hukumnya Wajib

Seseorang manusia lelaki ataupun perempuan diwajibkan menikah apabila seseorang tersebut tidak dapat menahan nafsu atau digolongkan dengan orang yang memiliki nafsu yang sangat kuat sehingga ada kemungkinan akan terjerat maksiat (Zina dan hal-hal yang mendekatkan dia kepadanya) dan seseorang tersebut digolongkan orang yang mampu, maksud dari kata mampu disini adalah orang tersebut mampu membayar mahar pernikahan (mas kawin) serta mampu memberi nafkah kepada bakal istrinya kelak. Kewajiban ini biasanya berlaku pada seorang pria yang mapan ataupun wanita yang sudah mampu atau layak untuk menikah namun sering menunda dikarenakan sesuatu dan lain hal, biasanya yang menunda seseorang untuk menikah adalah karir. Seseorang yang tidak dapat menahan nafsunya disarankan mendahulukan ibadah ini dibandingkan ibadah Haji, namun jika seseorang tersebut masih dapat menahan nafsunya maka boleh untuk mendahulukan ibadah haji sebelum menikah.

2. Hukumnya Sunnah

Berbeda dengan wajib, Hukum Sunnahnya sebuah pernikahan adalah mereka yang sudah cukup mampu/mapan dari segi materil dan kematangan jiwa untuk menikah namun tetap mampu menahan hawa nafsu yang mampu menjeratnya ke arah kemaksiatan, maka hukum sunnah berlaku padanya. Karena kita ketahui bahwa nafsu adalah musuh besar manusia yang mampu menggiringnya ke neraka maka hendaklah untuk menikah agar terhindar dari zina. Hukum Sunnah sebuah pernikahan juga berlaku bagi dia yang sudah cukup pantas dari segi mental kejiwaan untuk menikah namun tidak mampu dari segi materil, dan dianjurkan untuk berpuasa untuk menahan hawa nafsunya dan agar tidak terjerat ke arah kemaksiatan.

3. Hukumnya Makruh

Hukum sebuah pernikahan/perkawinan digolongkan makruh apabila dia/seseorang yang mampu untuk menafkahi calon istrinya lahir dan batin (materil dan moril) namun ditakutkan jika dia menikah hanya akan membawa kemudaratan kepada istrinya kelak atau boleh diistilahkan dengan bahwa dia hanya akan membawa penderitaan kepada istrinya kelak. Hal ini juga berlaku kepada mereka yang mampu menafkahi istrinya secara lahiriah (mampu secara materi) namun tidak mampu secara batiniah (tidak mampu melayani istri dengan baik).

4. Hukumnya Haram

Hukum pernikahan yang haram terjadi apabila seseorang lelaki tidak mampu menafkahi istrinya secara baik, baik itu secara lahiriah atau batiniah maka hukum pernikahan baginya adalah haram, hal ini juga berlaku apabila seseorang hanya akan menganiaya istrinya kelak apabila menikah.

Seseorang haruslah mengetahui bahwa hukum di atas sangat perlu untuk diketahui sebelum melangsungkan sebuah pernikahan untuk menghindarkan diri dari dosa dan kemaksiatan. Demikian Artikel tentang Hukum Menikah Dalam Islam, semoga bermanfaat untuk kita semua.

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank
Read More...
Syarat Sah Sebuah Pernikahan

Syarat Sah Sebuah Pernikahan

Syarat Sah Sebuah Pernikahan - Bagi wanita atau pria akhir baligh pernikahan adalah merupakan salah satu tujuan untuk menyempurnakan ibadah, pernikahan bukanlah hal wajib, melainkan suatu hal sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan ketika kita sudah dianggap pantas/layak untuk menikah, namun tahukah kita akan syarat sah dari sebuah pernikahan? 

Beberapa orang yang tahu tentang agama mungkin tahu tentang hal ini, namun dalam Undang-Undang Pemerintahan Republik Indonesia yakni Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 Tentang perkawinan bahwa Suatu Perkawinan dianggap sah apabila telah memenuhi syarat sah sebuah pernikahan / perkawinan dan dilakukan menurut hukum agama masing-masing serta dicatat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Syarat Sah Sebuah Pernikahan/perkawinan di atur dalam pasal 6 sampai pasal 12 Undang-undang No. 1 Tahun 1974.
Syarat Sah Sebuah Pernikahan

Syarat Sebuah Pernikahan di anggap Sah

Adapun Syarat Sah Sebuah Pernikahan yaitu :
1. Pernikahan/perkawinan dilaksanakan berdasarkan persetujuan kedua calon mempelai
2. Pernikahan dilangsungkan apabila seseorang dari kedua mempelai telah mencapai usia 21 tahun, jika hal ini tidak terpenuhi maka diwajibkan untuk meminta izin/persetujuan kepada kedua/salah seorang orang tua dari pihak mempelai, jika kedua orang tua telah meninggal dunia maka permintaan izin dialihkan kepada wali
3. Pernikahan/perkawinan hanya diizinkan apabila pihak pria sudah mencapai usia minimal 19 tahun dan wanita berusia minimal 16 tahun, jikalau terjadi hal-hal yang menyimpang maka diwajibkan untuk mendapat izin dari pejabat atau pengadilan yang ditunjuk oleh kedua orang tua baik dari pihak pria ataupun pihak wanita.
4. Apabila seseorang yang terikat sebuah tali perkawinan/pernikahan tidak dapat menikah lagi kecuali telah memenuhi persyaratan pada pasal 3 ayat 2 dan pada pasal 4
5. Seorang wanita yang telah bercerai maka berlaku baginya masa menunggu (masa iddah)
6. Apabila Pernikahan berakhir dengan kematian (seorang wanita) maka berlaku masa menunggu baginya atau masa iddah sebanyak 130 hari, terhitung semenjak kematian suaminya
7. Apabila putus dikarenakan perceraian maka berlaku baginya (seorang wanita) tiga kali suci atau 90 hari.
8. Apabila perkawinan putus dalam keadaan sang perempuan hamil, maka waktu tunggu ditetapkan sampai sang perempuan melahirkan.
9. Jika terjadi putus pernikahan dan belum terjadi hubungan kelamin antara keduanya maka tidak dikenakan waktu menunggu
10. Dilarang menikahi seseorang lelaki/perempuan dengan garis keturunan kebawah ataupun ke atas.
11. Dilarang menikahi seseorang lelaki/perempuan yang sesusuan.
12. Seseorang yang akan menikah hendaklah memberitahukan keinginannya tersebut kepada Pegawai Pencatatan Pernikahan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan minimal 10 hari sebelum pernikahan dilangsungkan.
13. Setelah penelitian tentang persyaratan oleh pegawai pencatatan pernikahan maka pernikahan sudah boleh dilaksanakan
14. Tidak melanggar norma-norma atau aturan agama antara kedua/salah seorang mempelai

Syarat diatas adalah syarat umum yang tercantum dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia, Semoga Artikel tentang Syarat Sah Sebuah Pernikahan bermanfaat untuk kita semua.

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank
Read More...
 
TOP