Monday, January 21, 2013

Pengertian dan Jenis Sholat

Pengertian Shalat
Salat (Bahasa Arab: صلاة; transliterasi: Shalat), merujuk kepada ritual ibadah pemeluk agama Islam. Menurut syariat Islam, praktik salat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Nabi Muhammad, sebagai figur pengejawantah perintah Allah. Umat muslim diperintahkan untuk mendirikan salat, shalat adalah tiang agama. di dalam Surah Al-'Ankabut dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar :
QS. Al-Ankabut:45
...dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain) Al-Ankabut:45

Jenis-Jenis Shalat
Shalat terbagi atas 2 (dua) yaitu shalat sunnah dan shalat wajib (Fardu), Shalat Fardu (Wajib)Shalat fardhu ialah salat yang diwajibkan untuk mengerjakannya, sedangkan Salat sunah (salat Nafilah) adalah salat-salat yang dianjurkan atau disunnahkan akan tetapi tidak diwajibkan. 



Salat Fardhu 

Salat Fardhu terbagi lagi menjadi dua, yaitu :

Fardu Ain : ialah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf langsung berkaitan dengan dirinya dan tidak boleh ditinggalkan ataupun dilaksanakan oleh orang lain, seperti salat lima waktu, dan salat Jumat (fardhu 'ain untuk pria).


Fardu Kifayah: ialah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf tidak langsung berkaitan dengan dirinya. Kewajiban itu menjadi sunnah setelah ada sebagian orang yang mengerjakannya. Akan tetapi bila tidak ada orang yang mengerjakannya maka kita wajib mengerjakannya dan menjadi berdosa bila tidak dikerjakan. Seperti salat jenazah.

Salat Nafilah

Salat nafilah terbagi lagi menjadi dua, yaitu : 
Nafil Muakkad adalah salat sunah yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat (hampir mendekati wajib), seperti salat dua hari raya, salat sunah witir dan salat sunah thawaf.
Nafil Ghairu Muakkad adalah salat sunah yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat, seperti salat sunah Rawatib dan salat sunah yang sifatnya insidentil (tergantung waktu dan keadaan, seperti salat kusuf/khusuf hanya dikerjakan ketika terjadi gerhana).

Shalat Fardu Ain terdiri atas : Shalat Subuh (2 Rakaat), Shalat Dzuhur (4 Rakaat), Shalat Ashar (4 Rakaat), Shalat Magrib (3 Rakaat) dan Shalat Isya (4 Rakaat)
Shalat Fardu Kifayah terdiri atas : Shalat Jenazah
Shalat Sunnah Muakkad terdiri atas :  Salat Rawatib, Salat Tahiyatul Wudhu, Salat Istikharah, Salat Mutlaq, Salat Dhuha, Salat Tahiyatul Masjid, Salat Tahajud, Salat Hajat, Salat Awwabin, Salat Tasbih, Salat Taubat, Salat Tarawih, Salat Ied, Salat Gerhana, Salat Istisqa'
Shalat Sunnah Muakkad terdiri atas :  Shalat sunnah rawatib, Shalat sunnah malam (Shalat witir, Shalat Tahajjud, Shalat tarawih), Shalat Sunnah Idain dan Shalat Tahiyatul Masjid
Shalat Sunnah Gairu Muakkad terdiri atas :  Shalat sunnah rawatib, Shalat sunnah malam (Shalat witir, Shalat Tahajjud, Shalat tarawih), Shalat Sunnah Idain dan Shalat Tahiyatul Masjid

Dalam sebuah hadits, diriwayatkan oleh Nabi, sebagai berikut:

ﻋﻦﻋﺎﺌﺸﻪ ﻠﻡ ﻳﻜﻦ ﺍﻠﻧﺑﻲ ﺺ.ﻡ.ﻋﻟﻰ ﺸﻴﺊ ﻤﻥ ﺍﻠﻧﻮﺍ ﻓﻞ ﺃﺸﺪ ﻤﻧﻪ ﺗﻌﺎﻫﺪﺍﻋﻠﻰ ﺮﻜﻌﺘﻰ ﺍﻠﻓﺠﺮ .ﺮﻮﺍﻩﺍﻠﺑﺧﺍﺮﻯ

Artinya: dari Aisyah r.a.. “tidak ada shalat sunnah yang dipentingkan oleh Nabi SAW selain dua rakaat sebelum subuh (shalat fajar).” (H.R. Al-Bukhari: 1093)

“siapa yang shalat sehari semalam dua belas rakaat, maka dibangunlah bagimya sebuah rumah di surga, yaitu 4 rakaat sebelum dzuhur, 2 rakaat sesudah dzuhur, 2 rakaat sesudah maghrib, 2 rakaat sesudah isya’ dan 2 rakaat sebelum subuh.” (HR. Turmudzi). (Amir Abyan, 2008: 109)

Sunnah Shalat Lailatul Masjid Rasulullah bersabda:

ﺇﺬﺍﺟﺎﺀﺍﺤﺪﻜﻢﺍﻠﻤﺴﺟﺪﻓﻠﻴﺻﻞﺴﺟﺪﺗﻳﻥﻣﻥﻗﺑﻞﺍﻥﻴﺟﻟﺱ. ﺭﻮﺍﻩﺃﺑﻮﺪ ﺍﻮﺪ

“Apabila salah seorang diantara kamu masuk masjid, hendaklah ia shalat dua rakaat sebelum duduk. “(HR.Abu Dawud dari Abi Qatadah : 395)
©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang Pengertian dan Jenis Sholat dan anda bisa menemukan artikel Pengertian dan Jenis Sholat ini dengan url http://cinikironk.blogspot.com/2013/01/pengertian-dan-jenis-shalat.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pengertian dan Jenis Sholat ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link Pengertian dan Jenis Sholat sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

0 komentar :

Post a Comment


 
TOP