Sunday, March 17, 2013

14 Rukun-Rukun Shalat [1]

Rukun-Rukun Shalat [1]
Rukun-rukun shalat adalah sisi/sesuatu yang paling kuat dalam perbuatan/ucapan didalam shalat yang tidak akan berdiri sempurna kecuali dengan kelengkapan dan sesuai dengan urutan.

Perbuatan dan ucapan dalam Shalat terbagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu :
Pertama
Rukun Shalat yakni sesuatu yang menggugurkan shalat jika tidak dilakukan karena ketidaktahuan, ketidaksengajaan, dan kelalaian
Kedua
Wajib Shalat, yakni sesuatu yang membatalkan shalat jika tidak dikerjakan secara sengaja dan gugur apabila tidak dilakukan karena ketidaktahuan atau kelalaian
Ketiga
Sunnah-sunnah Shalat, yakni sesuatu yang tidak membatalkan shalat shalat jika dilakukan secara sengaja ataupun karena lalai

Rukun-rukun shalat ada empat belas, yakni

1. Berdiri, jika mampu.
Hal ini didasarkan pada Firman Allah
QS. Al Baqarah 2:238
"Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'" (QS. Al Baqarah 2:238)

hal ini juga diperkuat dengan hadist Imran bin Hashin Radiallahu Anhu yang bertanya pada Rasulullah SAW "Aku menderita Wasir" lalu Rasulullah Bersabdah
"Shalatlah dengan berdiri, jika tidak bisa maka shalatlah dengan duduk, dan jika tak sanggup maka shalatlah dengn berbaring" (HR. Bukhari)

2. Takbiratul Ihram
Hal ini didasarkan pada Sabdah Rasulullah SAW :
"Jika kamu hendak mengerjakan shalat, maka bacalah takbir" (Muttafaqun `alaih)

dan pada hadist Malik bin Al-Huwairits, Rasulullah SAW bersabdah :
"Shalatlah seperti kalian melihatku mengerjakan shalat" (HR. Bukhari)

3. Membaca Al-Fatiha secara tertib pada setiap rakaat
Hal ini didasarkan pada hadist Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabdah :
"Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Al-Fatiha" (Muttafaqun `alih)

didalam Al-Fatiha terdapat sebelas tasydid (Syiddah), jika seseorang meninggkan satu huruf dan tidak mengulanginya kembali maka shalatnya tidak sah.

4. Ruku'
Hal ini didasarkan pada firman Allah SW :
QS. Al Hajj 22:77
"Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan" (QS. Al Hajj 22:77)

Bersambung ke halaman Rukun-Rukun Shalat [2]

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank 

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang 14 Rukun-Rukun Shalat [1] dan anda bisa menemukan artikel 14 Rukun-Rukun Shalat [1] ini dengan url https://cinikironk.blogspot.com/2013/03/rukun-rukun-shalat-1.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 14 Rukun-Rukun Shalat [1] ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link 14 Rukun-Rukun Shalat [1] sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

0 komentar :

Post a Comment


 
TOP