Wednesday, May 15, 2013

Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 1

Peristiwa Penting Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan tak terasa akan mengunjungi kita Insya Allah, menurut kalender Hijriah Ramadhan jatuh pada tanggal 9 Juli – 7 Agustus 2013, jika kita mengingat ramadhan kita seakan teringat kisah Rasulullah dimana beliau menerima surah pertama "Al Alaq 1-5" di turunkan di Gua Hira, yang di sebut juga dengan "Nuzulul Quran", dimana keutamaan membaca Al Quran ada pada bulan ini. Dalam pembahasan kali ini tentulah erat kaitannya dengan Ramadhan, Mengapa ummat muslim menganggap bulan ini special tentulah ada sebabnya disamping berbagai peristiwa yang terjadi, pada bulan ini ada 3 Rukun Islam yang terlaksana bersamaan yakni 1. Shalat 5 Waktu, 2. Membayar Zakat, dan 3. Berpuasa pada bulan Ramadhan, diluar dari pada pembahasan ketiga rukun di atas, dalam artikel Peristiwa Penting Bulan Ramadhan ini akan membahas tentang peristiwa-peristiwa apa saja atau aktifitas/moment apa saja yang tergolong special terjadi pada bulan ini. 

Peristiwa penting Bulan Ramadhan

Pada Bulan Ramadhan ada beberapa moment yang sangat erat kaitannya pada bulan ini

1. Terawih

Terawih adalah moment Pertama yang melambangkan masuknya bulan ramadhan, pada malam sebelum masuknya bulan ramadhan, terlebih dahulu suara adzan telah berkumandang memanggil para insan muslim untuk beribadah dan senantiasa bersyukur akan datangnya bulan yang penuh dengan berkah ini, Terawih adalah Salat sunnah khusus yang cuma ada pada bulan Ramadhan, shalat ini dilaksanakan selepas sholat isya yang terdiri dari 8 sampai 20 rakaat, artinya shalat ini boleh dilaksanakan delapan rakaat dan boleh lebih dari pada itu, dan di akhiri dengan shalat sunnah witir yang berjumlah 3 rakaat. Peristiwa shalat witir ini adalah moment spesial yang cuma ditemukan di bulan ramadhan dengan pahala yang tentunya melimpah.

2. Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah proses menahan atau mencegah diri dari memakan/meminum atau yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari dengan syarat tertentu dan dilakukan berangsur-angsur setiap harinya pada bulan ramadhan dan hukumnya wajib. Puasa Ramadhan adalah salah satu dari 3 Rukun Islam yang terjadi bersamaan pada bulan Ramadhan ini karena rukunnya wajib, sehingga jika tidak dilaksanakan (dalam keadaan tertentu sesuai syariah) akan dikenakan sanksi fidyah, Qadha ataupun Kifatar, perihal itu dapat anda baca pada kategori artikel Pedoman berpuasa didalam Blog ini.

3. Turunnya Alquran

Bulan ramadhan adalah bulan dimana pertama kali turunnya Al Quran yakni Al-Alaq ayat 1-5,
QS Al Alaq 96:1-5
"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,[1]Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.[2]Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,[3]Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,[4]Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.[5]" (QS Al Alaq 96:1-5)

hari itu dikenal dengan sebutan Nuzulul Qur'an, Peringatan Nuzulul Quran di rayakan setiap tanggal 17 Ramadhan, sebagian muslim menjadikan moment ini sebagai peringatan khusus pada bulan ramadhan, karena ini adalah hari kelahiran Al Quran, peristiwa di gua Hira dimana malaikat Jibril menyampaikan wahyu tersebut kepada Rasulullah salallahu alaihi wasallam adalah moment yang termasuk moment penting di bulan Ramadhan ini, oleh karenanya pahala yang melimpah akan diperoleh bagi orang yang mengamalkan membaca Al Quran pada bulan ini, jangankan membaca yang mendengar pun mendapatkan pahala, Subhanallah.

Bersambung ke Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 2

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 1 dan anda bisa menemukan artikel Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 1 ini dengan url https://cinikironk.blogspot.com/2013/05/peristiwa-penting-bulan-ramadhan-1.html?m=0, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 1 ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 1 sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

2 komentar :

  1. Tak terasa bulan Ramadan sudah dekat.. ayo tingkatkan kualitas ibadah kita di bulan suci Ramadan :) (h)

    ReplyDelete
  2. :)) :)) :)) Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk merasakan Bulan Ramadhan lagi... :)) :))

    ReplyDelete


 
TOP