Wednesday, May 15, 2013

Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 2

Peristiwa Penting Bulan Ramadhan

Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Bag. 2

Sebagai kelanjutan dari postingan sebelumnya yakni Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Bag. 1 berikut adalah Perihal ke empat dari peristiwa yang penting dalam bulan ramadhan.

4. Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah suatu moment penting (malam penting) dalam bulan ramadhan yang dalam bahasa berarti malam ketetapan yang digambarkan sebagai malam yang utama dari malam-malam yang ada, atau dengan istilah malam seribu bulan, hal ini terpampang jelas dalam firmah Allah subhanahu wata'ala
QS Al Qadr 96:1-5
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan[1]Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?[2]Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan[3]Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan[4]Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar[5]" (QS Al Qadr 96:1-5)

Malam Lailatul qadar dikenal dengan malam seribu bulan yang dalam ayat di atas keutamaannya melebihi seribu bulan, menurut pendapat para ulama, malam Lailatul Qadr terjadi pada sepuluh hari terakhir bulan ramadhan pada hari ganjil, yakni 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan hal ini sesuai dengan sabdah Rasulullah salallahu alaihi wasallam

"Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ja'far telah menceritakan kepada kami Abu Suhail dari bapaknya dari 'Aisyah radliallahu 'anha bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Carilah Lailatul Qadar pada malam yang ganjil dalam sepuluh malam yang akhir dari Ramadhan".(HR. Bukhari No. 1878)

5. Umrah

Ibadah umrah pada bulan ini mempunyai keutamaan tersendiri, dalam sabdah Rasulullah salallahu alaihi wasallam menjelaskan bahwasanya ibadah umrah ini setingkat pahalanya dengan ibadah haji, sehingga sangat disarankan untuk melaksanakan ibadah Umrah pada bulan Ramadhan, berikut Hadistnya

"Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah dan Ali bin Muhammad, keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Waki'; telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Bayan dan Jabir dari Asy Sya'bi dari Wahb bin Khanbasy, ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Umrah di bulan Ramadhan menyamai (pahala) haji'"(HR. Ibnu Majah No. 2982)

6. Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah zakat yang di khususkan cuma pada bulan ramadhan, selain itu zakat fitrah ini adalah salah satu dari 3 Rukun Islam yang terjadi bersamaan pada bulan ramadhan, zakat fitrah dikeluarkan paling lambat sebelum berakhirnya shalat Idul Fitri, setiap muslim dan muslimah yang mampu diwajibkan mengeluarkan zakat sebesar 3,5 liter beras yang dibagikan kepada salah satu dari 8 golongan yaitu : fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil yang menurut penuturan ulama, zakat ini di utamakan kepada dua jenis golongan yang pertama disebutkan di atas, yakni kaum fakir dan miskin.

7. Idul Fitri dan Takbiran

Idul Fitri dan takbiran adalah satu moment yang terangkai dimana takbiran dilaksanakan pada malam hari dan keesokan harinya pelaksanaan shalat idul fitri, takbiran adalah perayaan yang termasuk sedikit sakral, perayaan dengan bersama-sama mengucapkan takbir "(Allahu Akbar)" selepas shalat Isya dan biasanya di langsungkan acara berkumandang bersama di seluruh penjuru jalan raya menggunakan pengeras suara yang biasanya menjadi suatu adat di tempat tertentu di Indonesia, sahut menyahut takbir antara pejalan kaki, pengendara dengan musik dan iringan genderang adalah salah satu perayaan malam hari menjelang hari raya idul fitri yang di gelar besoknya. Idul fitri itu sendiri adalah Hari raya Ummat muslim selepas menunaikan ibadah puasa wajib di bulan ramadhan yang disimbolisasi dengan shalat sunnah berjamaan di lapangan/di tempat tertentu, idul fitri jatuh pada penanggalan 1 Syawal tahun hijriah

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. Desir Syair Rindu

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 2 dan anda bisa menemukan artikel Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 2 ini dengan url https://cinikironk.blogspot.com/2013/05/peristiwa-penting-bulan-ramadhan-2.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 2 ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link Peristiwa Penting Bulan Ramadhan Hal. 2 sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

0 komentar :

Post a Comment


 
TOP