Tuesday, February 19, 2013

Mengenal Haid/Nifas/Menstruasi

Mengenal Haid/Nifas/Menstruasi
Wanita yang sudah akhir baligh tentunya sudah mengenal yang namanya Haid/Nifas atau dalam bahasa indonesia disebut "Menstruasi", sebelum melanjutkan ke penjelasan berikutnya ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Haid/Nifas/Menstruasi, Menurut bahasa "Haid/Nifas"  berasal dari kalimat (ﺤﺎﺾ ﻴﺤﺾ) yang artinya mengalir, sehingga di istilahkan bahwa haid/Nifas/Menstruasi adalah darah yang keluar/mengalir dari rahim wanita dikarenakan oleh tidak terjadinya pembuahan pada sel telur yang ada pada wanita pada waktu-waktu tertentu. Sedangkan penjelasan secara klinis (ilmu kedokteran) Haid adalah proses pendarahan secara periodic (berkala) pada wanita disertai pelepasan Endometrium, 

Secara umum wanita yang mendapatkan Haid/Nifas/Menstruasi untuk pertama kalinya berkisar antara 12 s.d 13 tahun, bergantung pada kondisi sang wanita,  iklim dan lingkungannya, terkadang terdapat sejumlah wanita yang mendapatkan menstruasi untuk pertama kalinya pada saat umur 8 tahun, atau bisa juga terjadi lambat yakni sekitar usia 18 tahun, menstruasi sendiri akan berhenti secara otomatis pada usia 40-50 tahun,batas minimal wanita yang telah haid disebut "Manarche" sedangkan batas maksimal disebut "Menopouse"  setelah mengalami Menstruasi, perubahan fisik pun terjadi pada wanita yakni perubahan fisik pada area pinggul dan payudara. Allah SWT Berfirman :








"Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri" (QS. Al-Baqarah 2:222)


©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang Mengenal Haid/Nifas/Menstruasi dan anda bisa menemukan artikel Mengenal Haid/Nifas/Menstruasi ini dengan url https://cinikironk.blogspot.com/2013/02/mengenal-haid-nifas-enstruasi.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengenal Haid/Nifas/Menstruasi ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link Mengenal Haid/Nifas/Menstruasi sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

0 komentar :

Post a Comment


 
TOP