Tuesday, June 4, 2013

Mueeza, Rasulullah dan Hadist Tentang Kucing

Mueeza, Rasulullah dan Hadist Tentang Kucing

"Kisah Mueeza"

Tak sedikit orang didunia ini memiliki hewan peliharaan, mulai dari binatang melata seperti Ular, Amfibi, Unggas dan yang paling sering dijumpai yakni Kucing dan Anjing, mungkin tak sedikit dari kita yang tahu akan hewan peliharaan Rasulullah salallahu alaihi wasallam, namanya "Mueeza" Hewan yang digolongkan dalam jenis mamalia dengan nama latin "Felis silvestris catus" ini adalah hewan yang disukai oleh Rasulullah salallahu alaihi wasallam, Rasulullah menyukai salah satu aktifitas Mueeza yakni Kucing ini selalu mengeong ketika mendengar suara Adzan, mengeong nya Mueeza ini seolah-olah melantunkan suara adzan yang berkumandang.

Alkisah suatu hari Rasulullah salallahu alaihi wasallam ingin keluar rumah dan hendak mengambil jubahnya, namun beliau mendapati Mueeza tidur di atas jubahnya, Rasulullah pun memotong lengan jubah yang ditiduri Mueeza karena Rasulullah tidak mau mengganggu tidur kucingnya, Setibanya kembali dirumah Mueeza yang terbangun merunduk sujud kepada Rasulullah salallahu alaihi wasallam sebagai rasa terima kasihnya kepada majikannya, Rasulullah pun mengelus lembut Mueeza sebanyak 3 (tiga) kali sebagai tanda kasih sayangnya kepada Mueeza.

Berikut adalah Hadist tentang Kucing :

"Telah menceritakan kepadaku 'Abdullah bin Muhammad bin Asma' Adh Dhuba'i; Telah menceritakan kepada kami Juwariyah bin Asma' dari Nafi' dari 'Abdullah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seorang wanita disiksa Allah pada hari kiamat lantaran dia mengurung seekor kucing sehingga kucing itu mati. Karena itu Allah Subhanahu Wa Ta'ala memasukkannya ke neraka. Kucing itu dikurungnya tanpa diberi makan dan minum dan tidak pula dilepaskannya supaya ia dapat menangkap serangga-serangga bumi." Dan telah menceritakan kepadaku Nashr bin 'Ali Al Jahdhami; Telah menceritakan kepada kami Abdul A'la dari 'Ubaidillah bin 'Umar dari Nafi' dari Ibnu 'Umar dan dari Sa'id Al Maqburi dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan Hadits yang semakna. Dan telah menceritakannya kepada kami Harun bin 'Abdullah dan 'Abdullah bin Ja'far dari Ma'n bin 'Isa dari Malik dari Nafi' dari Ibnu 'Umar dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan Hadits tersebut." (HR. Muslim No. 4160, Bukhari No. 3071 dan Ahmad No. 6472)

Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dari Malik dari Ishaq bin Abdullah bin Abu Thalhah dari Humaidah binti Ubaid bin Rifa'ah dari Kabsyah binti Ka'ab bin Malik bahwa Abu Qatadah masuk ke dalam-menemuinya -kemudian menyebutkan suatu kalimat -yang maknanya- aku menuangkan air wudlu kepada beliau, lalu datang seekor kucing yang meminum air wudlu tersebut. Beliau lalu menyodorkan bejana tadi kepada kucing tersebut hingga kucing tersebut meminumnya. Kabsyah berkata, "Dia melihatku sedang memperhatikannya, maka dia berkata, 'Apakah kamu merasa heran wahai anak perempuan saudaraku? ' Aku berkata, 'Ya'. Dia berkata, 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, " Kucing itu tidak najis. Kucing itu termasuk hewan yang ada di sekeliling kalian." (HR. Nasai No. 67, Abu Daud No. 68, Ibnu Majah No. 361)

"telah menceritakan kepada kami Sawwar bin Abdullah Al 'Anbari berkata, telah menceritakan kepada kami Al Mu'tamir bin Sulaiman berkata; aku mendengar Ayyub menceritakan dari Muhammad bin Sirin dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bahwasanya beliau bersabda: " Jika bejana dijilat oleh anjing maka harus dicuci tujuh kali, yang salah satunya atau yang terakhir dengan tanah. Namun jika bejana tersebut dijilat oleh kucing cukup dicuci sekali." Abu Isa berkata; "Hadits ini derajatnya adalah hasan shahih. Ini adalah pendapat Syafi'i, Ahmad dan Ishaq. Hadits ini juga dirwayatkan dengan jalur lain dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seperti ini. Hanya saja, tidak disebutkan di dalamnya, "Jika bejana tersebut dijilat oleh kucing cukup dicuci sekali." Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abdullah bin Mughaffal." (HR. Tarmidzi No.84)

"Telah menceritakan kepada kami Al Husain bin Mahdi telah memberitakan kepada kami Abdurrazaq telah memberitakan kepada kami Umar bin Zaid dari Abu Az Zubair dari Jabir dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang makan (daging) kucing dan harganya." (HR. Ibnu Majah No. 3241)

"Perawi menerangkan; telah menceritakan kepadaku dari Malik dari Ishaq bin Abdullah bin Abu Thalhah dari Humaidah binti Ubaid bin Rifa'ah dari bibinya - Kabsyah binti Ka'ab bin Malik - dan dia dibawah asuhan Abu Qatadah Al Anshari, dia mengabarkan kepadanya bahwa Abu Qatadah mengunjunginya, Kabsyah pun menuangkan air wudlu kepadanya, tiba-tiba datang seekor kucing yang minum dari air wudlunya, maka dia mendekatkan bejana sehingga kucing itu meminumnya. Kabsyah berkata; Lalu dia melihatku yang sedang memperhatikannya dan berkata; "Apakah kamu heran Wahai putri saudaraku?" Dia berkata; lalu saya menjawab, "Ya." Abu Qatadah menerangkan, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kucing itu tidak najis, karena dia adalah hewan yang berada di sekitar kita." (HR. Malik No. 38)

Dalam kisah lain Mueeza memiliki kegemaran duduk di pangkuan Rasulullah saat menjamu tamu di rumahnya dan berpesan pada para sahabat bahwa jika engkau memiliki seekor hewan peliharaan (Kucing) maka sayangilah layaknya engkau menyayangi keluarga kamu sendiri

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang Mueeza, Rasulullah dan Hadist Tentang Kucing dan anda bisa menemukan artikel Mueeza, Rasulullah dan Hadist Tentang Kucing ini dengan url http://cinikironk.blogspot.com/2013/06/mueeza-rasulullah-dan-hadist-tentang-Kucing.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mueeza, Rasulullah dan Hadist Tentang Kucing ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link Mueeza, Rasulullah dan Hadist Tentang Kucing sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

0 komentar :

Post a Comment


 
TOP