Saturday, March 30, 2013

Perihal Pentingnya Seorang Wanita Sholeha

Endapan Perih | Kumpulan Puisi Rindu
Disamping artikel tentang suami, istri ternyata adalah peran penting yang menentukan seorang suami seperti dalam artikel Perihal Pentingnya Seorang Suami pepatah yang mengatakan "Dibelakang Pria yang Kuat dan Hebat, Selalu Ada Wanita Hebat" dan juga kata-kata hikmah dari beberapa ulama “Wanita adalah Tiang Negara, apabila Wanita itu Baik maka Negara akan Baik, dan Apabila Wanita itu Rusak, maka Negara akan Rusak Pula” dari pepatah dan kata-kata hikmah di atas diketahui betapa pentingnya seorang wanita muslimah dimata Islam, Islam pun memandang bahwa wanita itu sangatlah mulia, 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabdah
"Sesungguhnya dunia seluruhnya adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita Sholeha" (HR. Nasa'i No. 3180)

Namum wanita seperti apakah yang digolongkan sholeha, Allah SWT berfirman :
QS. An Nur 24:31
"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung" (QS. An Nur 24:31)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabdah :
"Bersedekahlah kalian, karena sebagian besar kalian adalah bahan bakar api neraka." Lalu ada seorang perempuan biasa bangkit berdiri (dengan pipi yang memerah) berkata; "Apa penyebabnya wahai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?" 
Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam Kembali bersabdah "Kalian banyak mengeluh dan mengingkari kebaikan suami." Lalu mereka segera melepaskan kalung, anting, serta cincin mereka dan melemparkannya ke kain (yang dibentangkan) Bilal sebagai sedekah. (HR. Nasa'i No. 1557)

Ayat diatas memperjelas ketentuan wanita sholeha, dimana wanita sebagai mahluk yang lemah sangat dijaga, aurat menjadi pokok yang menjadikan wanita tersebut sholeh dimata Allah SWT. Wanita/istri sholeha dianjurkan untuk membantu suami, dan tidak banyak mengeluh akan keadaan yang dialaminya, keadaan ini dapat pula dibaca dalam Kisah Cinta Ali Bin Abi Thalib & Fatimah Az-Zahra [4] dan Nasehat-Nasehat Rasulullah dalam Kisah Cinta Ali Bin Abi Thalib & Fatimah Az-Zahra [5] dimana didalam kisah tersebut disebutkan keunggulan-keunggulan wanita dibandingkan pria, dimana wanita dapat mendapatkan pengampunan dengan cepat.

Suami haruslah menghargai istri dan begitupun sebaliknya, karena wanita adalah perhiasan dunia, hal ini tertulis dalam firman Allah SWT
QS. An Nisa` 4:19
"Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (QS. An Nisa` 4:19)

Istri Soleha adalah sesuatu hal yang penting, karena madrasah pertama anak-anak adalah orang tua (Istri/Akhwat) disana mereka belajar pertama kali, dan generasi penerus bangsa ditentukan oleh ibu-ibu Sholeha yang senantiasa mengajarkan kebaikan kepada anak-anaknya kelak. Wallahu Alam

©2013 Copyright Ciniki RonkA. ILLank Written By. Desir Syair Rindu

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang Perihal Pentingnya Seorang Wanita Sholeha dan anda bisa menemukan artikel Perihal Pentingnya Seorang Wanita Sholeha ini dengan url https://cinikironk.blogspot.com/2013/03/perihal-pentingnya-seorang-wanita.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Perihal Pentingnya Seorang Wanita Sholeha ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link Perihal Pentingnya Seorang Wanita Sholeha sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

0 komentar :

Post a Comment


 
TOP