Tuesday, April 9, 2013

Mengapa Membaca dan Menulis Blog baik untuk kesehatan

Mengapa Membaca dan Menulis Blog baik untuk kesehatan
Di tahun 2013 yang marak dengan problematika globalisasi ternyata juga berdampak pada kebiasaan membaca bagi seluruh lini kehidupan masyarakat, tak sedikit di antaranya menggunakan media internet dalam pembelajarannya, Membaca adalah salah satu aktifitas menarik untuk di bahas, dikarenakan membaca merupakan salah satu aktifitas menuntut ilmu diluar dari pada aktifitas rutin di sekolah, dan tak sedikit diantara siswa/guru/masyarakat menggunakan media ini untuk belajar, baik dalam hal pembelajaran edukasi umum maupun pembelajaran keilmuan lainnya. Media Blog adalah salah satu media yang ditawarkan untuk memenuhi permintaan tersebut, sebut saja dengan istilah Blogger, blogger adalah salah satu dari sekian banyak perambah dunia digital yang menggunakan media ini untuk berkarya dan membuat tulisan, dan tak dapat di pungkiri bahwa Membaca selalu beriring dengan menulis, dalam salah satu artikel di kompasiana yang membahas tentang membaca dan menulis adalah pasangan sejati diterangkan bahwa dari input membaca kita dapat saja menjadikan output menulis didalamnya dan sebuah pertanyaan besar dalam benak kita yaitu media apa yang kita gunakan untuk menuangkan wawasan kita ataupun pengalaman kita agar diketahui/dibaca orang lain? Jawaban yang cukup singkat yaitu Nge-Blog, karena blog itu sendiri adalah singkatan dari weblog, yang berisi konten yang sifatnya dinamis dan dapat berarti catatan online dan akan sering mengalami update atau memiliki postingan terbaru. Biasanya blog digunakan seorang blogger untuk berbagi infomasi, tips, ataupun sekedar pengalaman pribadi.

Mengapa Membaca dan Menulis Blog baik untuk kesehatan
Membaca dan menulis adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi otak, dimana beberapa penelitian menyebutkan bahwa rutinitas membaca dapat menjadi 'vitamin' bagi kesehatan otak, menurut "John Stein", profesor ilmu saraf di Magdalen College Oxford, Inggris mengungkapkan bahwa membaca dapat melatih otak secara keseluruhan, Sementara seorang ahli saraf "Susan Greenfield" mengatakan, membaca buku cerita akan mendorong otak manusia untuk berpikir secara berurutan, menghubungkan penyebab, efek dan signifikasinya. Penelitian di tahun 2009 melalui scan otak di Amerika telah menunjukkan bahwa membaca dapat mengaktifkan area otak terkait dengan pengalaman-pengalaman dalam kehidupan nyata dan menciptakan jalur saraf baru. Penelitian lain di tahun yang sama oleh peneliti University of Sussex menunjukkan membaca selama enam menit dapat memangkas tingkat stres sekitar lebih ari dua pertiganya dibandingkan mendengarkan musik atau berjalan-jalan. "Sangat penting untuk mempelajari aktivitas ini bagi seorang anak kecil, di mana otak masih sangat lunak. Itulah mengapa begitu penting bagi orang tua untuk membiasakan membaca pada anak-anaknya," begitu kata sang peneliti.

Mengapa Membaca dan Menulis Blog baik untuk kesehatan
Ternyata tak sedikit dari pengalaman para Blogger yang menggunakan media online ini sebagai curahan hati dan tentu saja bermanfaat bagi sang penulis, dimana dengan mencurahkan hati dalam bentuk tulisan dapat membuat kita fresh dan membantu menghilangkan stres dalam berbagai rutinitas ataupun masalah yang dihadapi. Otak kiri anda akan terasah ketika anda menulis karena ini berkaitan dengan analisis dan rasional tentang sesuatu hal yang akan anda tulis. Disaat Anda  sedang melatih otak kiri anda, otak kanan anda akan bebas untuk mencipta, mengintuisi, dan merasakan. sehingga menulis dapat menyingkirkan hambatan mental dan memungkinkan diri anda untuk menggunakan semua daya otak untuk memahami diri Anda, orang lain, serta dunia sekitar Anda dengan lebih baik. Peneliti dari Universitas Texas, "James Pennebaker" mengemukakan bahwa menulis bisa membuat sistem kekebalan tubuh anda menguat, sel-sel ini dikenal dengan nama T-lymphocytes, beliau meyakini bahwa menuliskan peristiwa-peristiwa tertentu dan penuh tekanan akan membantu Anda memahaminya sehingga akan mengurangi dampak penyebab stres terhadap kesehatan fisik Anda. Salah satu media yang dapat membantu keduanya adalah internet, khususnya blog atau media lainnya di internet

Artikel Rujukan :
http://karena-kasih.blogspot.com/2013/02/jaga-kesehatan-otak-dengan-membaca.html
http://wikaprima.wordpress.com/info-kesehatan/%E2%80%9Cmanfaat-membaca-al-qur%E2%80%99an-dan-kesehatan%E2%80%9D/

©2013 Copyright Ciniki Ronk  A. ILLank Written By. A. ILLank

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang Mengapa Membaca dan Menulis Blog baik untuk kesehatan dan anda bisa menemukan artikel Mengapa Membaca dan Menulis Blog baik untuk kesehatan ini dengan url http://cinikironk.blogspot.com/2013/04/mengapa-membaca-dan-menulis-blog-baik-untuk-kesehatan.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengapa Membaca dan Menulis Blog baik untuk kesehatan ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link Mengapa Membaca dan Menulis Blog baik untuk kesehatan sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

2 komentar :

  1. dengan menulis kita akan terhindar dari penyakit lupa atau pikun karena saat kita menulis seluruh saraf aktif untuk menyimpan memori tulisan dalam otak ;)

    nice posting

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)) :)) Trima kasih, sering-sering mampir ya ke blog ni... ^_^ dan trima kasih atas apresiasinya...
      Jazakallahu Khairan Katsiran...

      Delete


 
TOP