Saturday, April 13, 2013

Manfaat Membaca bagi kesehatan dan Lingkungan

Manfaat Membaca Bagi kesehatan
Membaca adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan dan tidak sedikit pula manfaatnya,  membaca saat inipun tak hanya melalui media buku, media internetpun sering dijadikan tempat atau sarana untuk meluangkan minat baca kita. Membaca tentu memiliki keuntungan tersendiri bagi kesehatan diantaranya :

Membaca Melatih Mental Secara Aktif
Membaca merupakan proses melatih diri anda dalam hal ini otak anda untuk berproses, ketika membaca anda akan terdorong untuk memahami dan menganalisa apa yang anda baca. Dalam proses ini, Anda akan menggunakan sel abu-abu otak Anda untuk berfikir dan menjadi semakin cerdas, disamping mental anda juga akan terlatih secara aktif.

Menuntut ilmu adalah kewajiban Ummat Islam
Berdasarkan sejarah yang tercatat, dalam Islam ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah surat Al-Alaq 1:5 di Gua Hira. Membaca merupakan suatu kewajiban ummat Islam sesuai dengan firmah Allah
QS. Al Mujadila 58:11
"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS. Al Mujadila 58:11)

Melatih otak (meningkatkan konsentrasi dan fokus)
Kesehatan fisik perlu dijaga dengan rajin berolahraga. Namun jangan melupakan kesehatan mental juga. Maka dari itu sebaiknya Anda membiasakan diri untuk rajin membaca setiap hari. Sebab aktivitas tersebut merupakan bentuk latihan pada otak agar tetap aktif dan mencegah Anda dari risiko kepikunan (lupa), dengan membaca akan melatih anda untuk dapat berkonsentrasi meskipun medianya adalah media internet ataupun media lainnya (Blog, E-Mail, Berita Online, buku, koran, dan lainnya)

Meningkatkan memori.
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jika Anda tidak menggunakan memori anda, Anda bisa kehilangannya. Teka-teki silang adalah salah satu contoh permainan kata yang dapat mencegah penyakit Alzheimer. Membaca, walaupun bukan sebuah permainan, akan membantu Anda meregangkan “otot” memori Anda dengan cara yang sama. Membaca itu memerlukan ingatan terhadap detail, fakta dan gambar pada suatu literatur, alur, tema atau karakter cerita.

Menambah pengetahuan dan menambah Kosakata
Media baca saat ini tidak terfokus lagi pada media koran dan buku yang ada, media baca sudah merambah jauh kedalam lini kehidupan kita, seperti contoh media Blog, E-Mail, Berita Online, buku, koran, dan lainnya yang bersifat edukatif ataupun bersifat keingintahuan semata, media baca ini merambah mulai dari PC, Media maya lainnya dan sampai kepada Handphone yang digunakan untuk browsing tentang hal-hal yang ingin diketahui, tentu saja ini akan menambah pengetahuan kita karena media-media baca akan sangat mudah di akses. Dengan membaca anda dapat belajar bagaimana memaknai suatu suatu kata (yang belum Anda ketahui) dengan membaca konteks lain dari kata-kata selanjutnya di sebuah kalimat, buku adalah salah satu media yang menantang untuk dijelajahi oleh otak anda dan secara tidak langsung kata-kata yang baru menurut anda ini menambah perbendaharaan, referensi, atau Jumlah kosakata anda.

Meningkatkan kemampuan komunikasi dan Membangun Kepercayaan diri
Membaca bisa menambah pengetahuan dan informasi yang terjadi di lingkungan sekitar hingga kabar dunia. Anda pun akan lebih memahami apa yang terjadi di luar sana sehingga tidak akan tertinggal jika diajak mengobrol oleh teman atau saudara. Secara tidak langsung, membaca akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda. Disamping itu membaca akan terbentuk dikarenakan referensi bacaan anda meningkat sehingga membuat anda lebih memiliki kepercayaan diri yang baik.

Memperbaiki suasana hati, Mengurangi kebosanan dan tingkat stres anda
Membaca novel, koran, atau buku pelajaran mampu mempengaruhi emosi seseorang. Sebab Anda akan lebih fokus dalam satu hal dan melupakan berbagai macam beban pikiran yang menyebabkan stres. Pada akhirnya, suasana hati Anda yang buruk akan menjadi lebih baik setelah membaca, tentu saja hal ini berdampak pada kebosanan dan tingkat stres anda, dimana ketika anda tidak bosan maka tingkat hormon stres anda akan menurun, membaca buku akan mengexplorasi diri anda, dan membuat diri anda berada pada titik nyaman dalam dunia membaca, mengetahui hal-hal yang baru akan menambah daya tarik anda tentang bacaan, sehingga anda merasa nyaman dan rasa keingintahuan anda akan bertambah.

Mendekatkan diri dengan keluarga
Cobalah untuk rutin membacakan dongeng pada anak sebelum mereka tidur. Kebiasaan ini jelas mampu mendekatkan diri Anda dengan keluarga. Anak juga pasti senang jika sebelum tidur mereka mendengarkan cerita yang dibacakan orang tuanya.
Artikel Rujukan :
http://remajaislam.com/dunia-muda/tips/93-8-manfaat-membaca.html

©2013 Copyright Ciniki Ronk  A. ILLank Written By. A. ILLank

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang Manfaat Membaca bagi kesehatan dan Lingkungan dan anda bisa menemukan artikel Manfaat Membaca bagi kesehatan dan Lingkungan ini dengan url https://cinikironk.blogspot.com/2013/04/manfaat-membaca-bagi-kesehatan-dan-Lingkungan.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Manfaat Membaca bagi kesehatan dan Lingkungan ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link Manfaat Membaca bagi kesehatan dan Lingkungan sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

4 komentar :


 
TOP