Friday, April 19, 2013

Makna Syukur Dalam Islam

Makna Syukur Dalam Islam
Syukur atau dalam bahasa arab ( شُكُرً ) Syukuran, Syakara, Wa Syukuran, Wa Syakara yang berarti berterima kasih kepada yang dalam konteks agama Islam berarti berterima kasih kepada-Nya (kepada Allah SWT), sedangkan dalam Kamus bahasa Indonesia berarti ucapan dari perasaan senang/bahagia/melegakan ketika mengalami suatu kejadian yang baik, dan kata syukur biasa digunakan untuk berterima kasih kepada Allah SWT. Dalam konteks istilah Syukur merupakan suatu tindakan/ucapan/perasaan senang/bahagia/lega atas nikmat yang telah didapatkan, atau dialami dari Allah SWT.

Refleksi dari syukur merupakan bagian dari kegiatan yang bersikap tawakkal dan mengandung arti "sesuatu hal yang menunjukkan penyebaran dari sebuah kebaikan", dari sisi syariah, syukur berarti memberikan pujian kepada yang memberikan nikmat, dalam hal ini Allah SWT dengan cara melakukan amar ma`ruf dan nahi munkar, dalam pengertian berserah diri dan tunduk pada perintah-Nya dan menjauhi larangannya.
.

Allah subhanahu wataala berfirman :
QS. Ibrahim 14:7
"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (QS. Ibrahim 14:7)

Dan dalam Kisah Rasulullah salallahu 'alaihi wasallam :

"Telah menceritakan kepada kami Abu Nu'aim berkata, telah menceritakan kepada kami Mis'ar dari Ziyad berkata; aku mendengar Al Mughirah radliallahu 'anhu berkata; "Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bangun untuk mendirikan shalat (malam) hingga tampak bengkak pada kaki atau betis, Beliau dimintai keterangan tentangnya. Maka Beliau menjawab: "Apakah memang tidak sepatutnya aku menjadi hamba yang bersyukur?" (HR. Bukhari No. 1062 & HR. Muslim 5044)

Syukur dimaknai dengan ucapan dan tindakan, dan terkadang untuk mengapresiasikan syukur bisa dengan jalan sujud syukur, seraya berdoa agar dilimpahkan rahmat yang lebih oleh Allah SWT. Perilaku membiasakan diri untuk senantiasa bersyukur atas rahmat Allah SWT adalah perbuatan terpuji dan seharusnya sering dilakukan, dengan bersyukur insya Allah, DIA akan menambahkan pada kita rezeki dan segala kebaikan. Wallahu Alam

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. A. ILLank

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang Makna Syukur Dalam Islam dan anda bisa menemukan artikel Makna Syukur Dalam Islam ini dengan url https://cinikironk.blogspot.com/2013/04/makna-syukur-dalam-islam.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Makna Syukur Dalam Islam ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link Makna Syukur Dalam Islam sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

1 komentar :


 
TOP