Tuesday, April 9, 2013

7 Alasan Mengapa Menulis dapat menyehatkan kita

7 Alasan Mengapa Menulis dapat menyehatkan kita
Menulis adalah salah satu aktivitas yang bermanfaat, tentu saja dalam kesehatan fisik dan mental, seperti gambaran kecil pada artikel Mengapa Membaca dan Menulis Baik untuk Kesehatan, pada artikel sebelumnya dijelaskan peranan dan kegunaan membaca dan menulis terhadap kesehatan, adapun manfaat menulis terhadap kesehatan kita diantaranya adalah :

1. Menjernihkan pikiran dan perasaan.
Menulis dapat saja menjernihkan perasaan dan pikiran anda itu dikarenakan ketika kita dalam keadaan terpuruk terkadang perasaan kita seakan ingin menyeruak dan tak terbendung, menulis adalah salah satu media untuk meredamnya, dengan menuliskan ide-ide dan pemikiran kita serta meluapkan emosi dapat membantu anda memahami diri anda ketika sedang dalam keadaan tertentu. Tidak perlu diedit. Anda akan semakin memahami dunia internal Anda dan merasa lebih baik.

2. Mengenali diri Anda lebih baik.
Dengan menulis secara teratur, secara tidak langsung anda akan menuangkan ide-ide dan pemikiran baik yang tersirat secara emosional maupun tidak demikian, menulis akan membuat anda mengenali diri anda melalui tulisan anda, tidak hanya itu menulis akan membuat anda dikenali oleh orang yang membaca tulisan anda sehingga membuat Anda gembira dan percaya diri. Anda juga akan semakin memahami situasi dan orang-orang yang bisa membuat anda terpuruk. Informasi ini akan sangat penting bagi kesehatan emosional Anda.

3. Mengurangi stres.
Menulis mengenai kemarahan, kesedihan, serta emosi menyakitkan lainnya bisa membantu meredakan intensitas perasaan negatif itu sendiri. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang dan tetap menjalani hidup dengan lebih baik.

4. Memecahkan masalah dengan lebih efektif.
Biasanya kita memecahkan masalah dengan menggunakan otak kiri, perspektif analitis. Tapi, kadang-kadang kita bisa menemukan jawaban dengan melibatkan kreativitas dan intuisi otak kanan. Menulis akan membuka kemampuan-kemampuan lainnya dan memungkinkan hadirnya solusi baru yang bisa memecahkan masalah.

5. Mengatasi kesalahpahaman dengan orang lain.
Ketidaksepahaman yang tidak bisa dipecahkan dengan kata-kata ucapan bisa diselesaikan melalui tulisan. Dengan menulis, Anda akan lebih bisa memahami poin masing-masing. Dengan begitu, Anda bisa menemukan resolusi yang lebih tepat.

6. Orang akan menganggap (menyadari) keberadaan kita.
Orang yang telah meluncurkan sebuah tulisan (karya tulis) dengan otomatis akan “tersebar” namanya dengan tersebarnya namanya tersebut, dia juga akan lebih banyak dikenal orang.  Bayangkan saja, orang yang sering menulis status di situs jejaring sosial (facebook, twitter, mig33 dll) saja mampu mendatangkan komentar – komentar yang menanggapi statusnya tersebut. Dengan semakin banyaknya orang yang mengomentari statusnya, maka ia semakin dikenal orang.

7. Tanpa kita sadari (atau memang benar – benar sadar), kita telah berbagi ilmu dengan para pembaca.
Disadari atau tidak, dengan menulispun kita otomatis telah mengamalkan ilmu yang telah kita pelajari kepada para pembaca. Jika ada pepatah yang mengatakan bahwa, membaca adalah jendela dunia. Dengan kata lain berarti kitalah pembuat jendela dunia tersebut, karena kitalah (para penulis) yang mengkreasikan buku yang kelak mereka (pembaca) baca, dengan menulis kita juga otomatis juga belajar bagaimana caranya mengarahkan seseorang untuk memahami apa yang ingin kita sampaikan, menulis juga dapat menghibur / menyenangkan hati orang lain ,menulis kita secara otomatis juga telah membaca. Dan masih ada banyak lagi manfaat yang kita dapatkan dari menulis.

Artikel Rujukan : 
http://perpustakaan.narotama.ac.id/2012/12/01/5-manfaat-membaca-buku-untuk-kesehatan/

©2013 Copyright Ciniki Ronk A. ILLank Written By. Desir Syair Rindu

Terima Kasih telah membaca artikel/puisi tentang 7 Alasan Mengapa Menulis dapat menyehatkan kita dan anda bisa menemukan artikel 7 Alasan Mengapa Menulis dapat menyehatkan kita ini dengan url http://cinikironk.blogspot.com/2013/04/7-alasan-mengapa-menulis-dapat-menyehatkan-kita.html, sebelum anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 7 Alasan Mengapa Menulis dapat menyehatkan kita ini sebaiknya lupa untuk membaca halaman tentang Peraturan HAK CIPTA(Copyright) dari blog ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman anda, dan jika berkenan jangan lupa untuk meletakkan link 7 Alasan Mengapa Menulis dapat menyehatkan kita sumbernya.

smile TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA smile

0 komentar :

Post a Comment


 
TOP